KUNJUNGAN KERJA BKD KABUPATEN KEDIRI
Ungaran (03/12/20)-Admin BKD, Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), menjadikan proses pengelolaan kepegawaian menjadi lebih efektif dan efisien. Data dan informasi kepegawaian yang cepat, akurat, dan up to date dapat menjadi bahan pertimbangan atau rujukan dalam pembuatan kebijakan di bidang kepegawaian. Pengelolaan kepegawaian meliputi aktifitas pengelolaan pegawai dimulai dari penyusunan kebutuhan, rekruitmen, pengendalian dan pengembangan, perlindungan hingga pemberhentian telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Di era teknologi dan informasi, konsep pemerintahan digital dalam penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik atau yang dikenal dengan e-government terus menerus dikembangkan untuk mempermudah pelayanan, tidak terkecuali dalam bidang kepegawaian. Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Bidang Data dan Dokumentasi BKD Kabupaten Kediri pada hari kamis (03/12/20) dalam tujuannya untuk mengembangkan pelayanan kepegawaiannya melaksanakan kunjungan kerja ke BKD Kabupaten Semarang untuk melihat dan mempelajari aplikasi layanan kepegawaian elektronik yang sudah berjalan.
Sekretaris BKD Kabupaten Semarang, Heri Purnomo dengan didampingi Kepala Bidang Pembinaan Pegawai dan Pengembangan Kepegawaian serta Kepala Subbidang Data dan Informasi Kepegawaian menerima 7 orang rombongan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Data dan Dokumentasi BKD Kabupaten Kediri. Aplikasi e-Personal merupakan aplikasi SIMPEG Kabupaten Semarang yang menyimpan data personal seluruh pegawai yang saat ini berjumlah 7582 PNS dan CPNS, didalamnya terdapat aplikasi e-File yang menyimpan dokumen kepegawaian dalam format .jpg dari CPNS hingga purna tugas, dalam proses pengisian dilakukan dengan cara scan dokumen asli oleh operator kepegawaian pada SKPD masing-masing. Selain itu dalam proses penggajian terdapat aplikasi e-KGB dalam mengakomodir kelengkapan berkas kenaikan gaji berkala dan e-Mutasi dalam proses mutasi kepegawaian baik internal maupun eksternal Kabupaten Semarang. Diharapkan dari sharing dan saling belajar pengelolaan informasi pelayanan kepegawaian ini akan meningkatkan kualitas dalam mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien dan transparan.