Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM

Kabupaten Semarang

>>DENGAN INTEGRITAS PERSONAL KITA CIPTAKAN LAYANAN KEPEGAWAIAN TEPAT WAKTU<<

KEPALA BKPSDM
 


WENNY MAYA KARTIKA, S.H, M.H
NIP
196901131993032005
Pembina Utama Muda (IV/c)

 

PENGUMUMAN

LINK SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

 

DOWNLOAD MEKANISME MUTASI PNS
 

DOWLOAD PEDOMAN PENAKMAS


DOWNLOAD BUKU PETUNJUK PEMBUATAN KARTU ASN VIRTUAL

PANDUAN APLIKASI SIHARKA (PEGAWAI)

 

Klik Menu "Info Kepegawaian" di atas untuk melihat UU, PP, PerBup di Bidang Kepegawaian

MEKLAP DATA PEGAWAI

 

Download PEDOMAN
e-PERSONAL

 

Download  PEDOMAN
e-FILE


Download PEDOMAN e-MUTASI

Download PEDOMAN e-KGB


Download FormuIir Isian Pegawai (FIP) untuk  PPPK

Download Formulir Isian Pegawai (FIP) untuk CPNS

 

 

WEBSITE TERKAIT

Sub Koordinator Pembinaan dan Kesejahteraan ASN mempunyai tugas Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pembinaan dan Pengembangan ASN

 Sub Koordinator Pembinaan dan kesejahteraan ASN, melayani :

 

1.  Pengurusan Kartu Suami /Istri

      Karis / Karsu merupakan kartu identitas isteri / suami Pegawai Negeri Sipil
      Dasar Penetapan Karis / Karsu: Keputusan BAKN Nomor 1158a Tahun 1983
      Fungsi Karis / Karsu :
      a. Sebagai bukti pendaftaran isteri / suami sah PNS
      b. Sebagai lampiran surat pengantar permohonan pensiun, janda / duda
      c. Untuk tertib administrasi kepegawaian


      SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARIS/KARSU:
      1. Laporan Perkawinan masing-masing rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      2. Salinan Surat Nikah/Akta Perkawinan rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      3. Pas foto hitam putih suami dan istri ukuran 3 x 4 masing-masing 4 (empat) lembar
      4. SK CPNS 3 (tiga) lembar5. SK PNS 3 (tiga) lembar

      Keterangan :
      1. Untuk perkawinan setelah April 1983 menggunakan Blanko Laporan Perkawinan Pertama
      2. Untuk perkawinan sebelum April 1983 menggunakan Blanko Daftar Keluarga Pegawai Negeri Sipil
      Download :syarat_karis-karsu.doc


      SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARIS/KARSU PENGGANTI:
      1. Laporan Perkawinan masing-masing rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      2. Salinan Surat Nikah/Akta Perkawinan rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      3. Pas foto hitam putih suami dan istri ukuran 3 x 4 masing-masing 4 (empat) lembar
      4. Laporan kehilangan Karis/Karsu dari kepolisian asli dan foto kopi masing-masing 3 (tiga) lembar
      5. Permohonan penggantian Karis/Karsu dari Atasan PNS yang bersangkutan

      Keterangan :
      Bagi PNS yang mengajukan Karis/Karsu untuk perkawinan kedua, ditambah lampiran :
      1. Laporan Perkawinan Kedua
      2. Surat Keputusan Pengadilan
      3. Surat Cerai
      Download :syarat_karis_karsu_pengganti.doc

 


2.  Pengurusan Kartu Pegawai

       Karpeg adalah kartu identitas Pegawai Negeri Sipil.
       Berfungsi sebagai kelengkapan administrasi kepegawaian.
       Dasar Penetapan KARPEG : Keputusan Ka.  BAKN Nomor: 01./KEP/1994 Tanggal 07 Januari 1994


       SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARPEG  BARU :
       1. Foto kopi sah SK CPNS 3 (tiga) lembar
       2. Foto kopi sah SK PNS 3 (tiga) lembar
       3. Foto kopi sah SK STTPL 3 (tiga) lembar
       4. Pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar
       Download :syarat_kartu_pegawai_karpeg.docx


       SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARPEG PENGGANTI :
       1. Foto kopi sah SK CPNS 3 (tiga) lembar
       2. Foto kopi sah SK PNS 3 (tiga) lembar
       3. Foto kopi sah SK STTPL 3 (tiga) lembar
       4. Pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar
       5. Lembar asli dan foto kopi sah Laporan Kehilangan dari Kepolisian 3 (tiga) lembar
       6. Laporan Kehilangan Karpeg kepada Atasan PNS yang bersangkutan diketahui Atasan Langsungnya
           3 (tiga) lembar
       7. Permohonan penggantian Karpeg dari Atasan PNS yang bersangkutan 3 (tiga) lembar
       8. Foto kopi Karpeg
       Download : Syarat_pengajuan_karpeg_pengganti.docx

 

3.  Pengurusan Kartu Taspen

      SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARTU TASPEN :
      1. Foto  Copy  sah SK CPNS rangkap 2 ( dua )
      2. Foto  Copy  sah SK PNS  rangkap 2 ( dua )
      3. Foto  Copy  sah SK KP terakhir rangkap  2 ( dua )
      4. Foto  Copy  sah SK KGB terakhir rangkap 2 ( dua )
      5. Foto  Copy  sah SPMT rangkap 2 ( dua )
      6. Foto  Copy  sah  Daftar Gaji terakhir rangkap 2 ( dua)
      Download : Format Usul Kartu TASPEN


4.  Pengurusan BAPERTARUM-PNS

        PERSYARATAN PENGEMBALIAN TAPERUM PNS PENSIUN/BERHENTI
       1. Mengisi formulir pengembalian Taperum PNS rangkap 4 (asli bermaterai Rp 6.000,-)
       2. Mengisi Surat Pernyataan belum pernah menerima bantuan dari BAPERTARUM-PNS, baik berupa
           uang muka KPR maupun bantuan sebagian biaya membangun rumah di atas tanah sendiri (4)
       3. Melampirkan dokumen pendukung :
                a. Foto kopi Kartu Pegawai dilegalisir .(4)
                b. Foto kopi KTP (4)
                c . Foto kopi SK Pensiun (4)
                d. Foto kopi SK Golongan TMT 1 Januari 1993 (4)
                e. Foto kopi SK terakhir Kenaikan Golongan (4)
                f.  Foto kopi Surat Keterangan Kematian (4), jika PNS meninggal dunia
                g. Surat Keterangan Hak Waris yang telah disyahkan oleh Camat setempat (4), jika PNS
                    meninggal dunia

             Download : PERSYARATAN_PENGEMBALIAN_TAPERUM_PNS_PENSIUN.doc

                             FORMULIR_PENGEMBALIAN_TAPERUM.doc

 


5.  Pengurusan Ijin Perceraian

        Syarat Pengajuan Ijin Perceraian :
        1. Permohonan dari yang bersangkutan
        2. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari SKPD
        3. Fotocopy SK Pangkat Terakhir
        4. Fotocopy Surat Nikah
        5. Surat Keterangan dari Kelurahan yang diketahui Kecamatan

        Syarat Pengajuan Surat Keterangan untuk melakukan Perceraian :
        1. Permohonan dari yang bersangkutan
        2. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari SKPD
        3. Fotocopy SK Pangkat Terakhir
        4. Fotocopy Surat Nikah
        5. Fotocopy Surat Panggilan dari Pengadilan
                    Download : Syarat_Pengajuan_Ijin_Perceraian.docx


           

6.  Pengurusan Bantuan Biaya Pemakaman

       Syarat-syarat Pengajuan Bantuan Biaya Pemakaman :
        1. Fotocopy Surat Kematian
        2. Pengantar dari SKPD



7.  Pengurusan Izin Cuti PNS

    
Jenis-jenis Cuti PNS:
     a. Cuti Tahunan
     b. Cuti Besar
     c. Cuti Sakit
     d. Cuti Bersalin
     e. Cuti Karena Alasan penting dan,
     d. Cuti diluar tanggungan negara


      Untuk ketentuan dan syarat-syarat pengambilan cuti dapat dibaca atau didownload disini
 

 

 

FORUM TANYA JAWAB

Gading
PPPK tahap 2 bertanya
Untuk pengisian deskripsi pekerjaan (Nama Pekerjaan dan Unit Kerja) di laman sscasn di isi sesuai SK atau di isi sesuai jabatan yang dilamar nggih, mohon penjelasannya, terima kasih
Wednesday, 18 December 2024 13:26
Betha
PPPK TAHAP 2
Selamat siang Bapak/ Ibu saya Betha peserta PPPK Tahap 2 mohon ijin bertanya terkait dokumen dalam pendaftaran pppk di web sscasn. Pertanyaan pertama: Di lampiran pengumuman pendaftaran pppk terdapat lampiran "surat pengalaman bekerja 2 tahun" dan "surat keterangan aktif mengajar" sedangkan di kolom upload berkas di web sscasn hanya ada kolom upload untuk surat aktif mengaja...
Monday, 16 December 2024 12:09
Betha Kurnia
PPPK TAHAP 2
Assalamualaikum Bpk/Ibu ijin bertanya untuk pelamar pppk tahap 2 formasi guru terkait dokumen yang harus di upload di web sscasn. Ada dua hal yang ingin saya tanyakan: Pertanyaan pertama: Di lampiran pengumuman kab semarang ada berkas lampiran tentang" surat keterangan pengalaman kerja paling singkat dua tahun" dan ada " surat keterangan aktif mengajar". Sedangkan di web ssca...
Sunday, 15 December 2024 20:44

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Semarang

Alamat :Jl.HOS Cokroaminoto No.1 Ungaran-Telp:(024)6921127, Fax:(024)6921004, E-mail: bkpsdm@semarangkab.go.id