Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM

Kabupaten Semarang

>>DENGAN INTEGRITAS PERSONAL KITA CIPTAKAN LAYANAN KEPEGAWAIAN TEPAT WAKTU<<

KEPALA BKPSDM
 


WENNY MAYA KARTIKA, S.H, M.H
NIP
196901131993032005
Pembina Utama Muda (IV/c)

 

PENGUMUMAN

LINK SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

 

DOWNLOAD MEKANISME MUTASI PNS
 

DOWLOAD PEDOMAN PENAKMAS


DOWNLOAD BUKU PETUNJUK PEMBUATAN KARTU ASN VIRTUAL

PANDUAN APLIKASI SIHARKA (PEGAWAI)

 

Klik Menu "Info Kepegawaian" di atas untuk melihat UU, PP, PerBup di Bidang Kepegawaian

MEKLAP DATA PEGAWAI

 

Download PEDOMAN
e-PERSONAL

 

Download  PEDOMAN
e-FILE


Download PEDOMAN e-MUTASI

Download PEDOMAN e-KGB


Download FormuIir Isian Pegawai (FIP) untuk  PPPK

Download Formulir Isian Pegawai (FIP) untuk CPNS

 

 

WEBSITE TERKAIT

Sub Koordinator Pegembangan ASN, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Bidang Pembinaan dan Pengembangan ASN dibidang Pengembangan ASN 

Sub Koordinator Pengembangan ASN, melayani :

•         DIKLAT LATSAR merupakan syarat pengangkatan CPNS menjasi PNS

Terdiri dari :

1.   Diklat Latsar Gol. I
2.   Diklat Latsar Gol. II
3.   Diklat Latsar Gol. III
CPNS wajib diikutsertakan dalam Diklat Latsar selambat-lambatnya 1 (satu) tahun setelah pengangkatannya sebagai CPNS

 

•         DIKLAT DALAM JABATAN dilaksanakan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan sebaik-baiknya

Terdiri dari :

1.   Diklat Kepemimpinan
2.   Diklat Fungsional
3.   Diklat Teknis


•         DIKLAT KEPEMIMPINAN dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural.

1.   Diklatpim Tingkat IV adalah Diklatpim untuk Jabatan Struktural Eselon IV
2.   Diklatpim Tingkat III adalah Diklatpim untuk Jabatan Struktural Eselon III
3.   Diklatpim Tingkat II adalah Diklatpim untuk Jabatan Struktural Eselon II
4.   Diklatpim Tingkat I adalah Diklatpim untuk Jabatan Struktural Eselon I

•         DIKLAT FUNGSIONAL dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang sesuai dengan jenis dan jenjang Jabatan Fungsional masing-masing

Peserta Diklat Fungsional adalah PNS yang akan atau telah menduduki Jabatan Fungsional tertentu

Contoh :

      1.   Diklat Fungsional Auditor
      2.   Diklat Fungsional Pustakawan
      3.   Diklat Fungsional Penyuluh Pertanian

      •         DIKLAT TEKNIS dilaksanakan untuk mencapari persyaratan kompetensi teknis
       yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas PNS
       Peserta Diklat Teknis adalah PNS yang membutuhkan peningkatan kompetensi teknis
       dalam pelaksanaan tugasnya

       Contoh :

       1.   Diklat Teknis Pengembangan Usaha Pariwisata
       2.   Diklat Teknis bagi Aparat Pemadam Kebakaran
       3.   Diklat Teknis Pengawasan Lingkungan Hidup



Sub Koordinator Pengembangan ASN, juga melayani:

 

1. Pengurusan Izin Belajar

 

  A.   Persyaratan Kepangkatan:
  Izin Belajar diberikan kepada PNS yang menempuh pendidikan
 dengan syarat kepangkatan :
 1. Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau yang setingkat,
     serendah-rendahnya berpangkat Juru Muda golongan
     ruang I/a dan sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun
     dalam pangkat
 2. Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, Diploma I atau yang setingkat,
     serendah-rendahnya berpangkat Juru golongan ruang I/c dan

     sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun dalam pangkat
 3. Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa atau Diploma II,
     serendah-rendahnya berpangkat Pengatur Muda golongan
     ruang II/a
 4. Sarjana Muda, Akademi, atau Diploma III, serendah-rendahnya
     berpangkat Pengatur Muda golongan ruang II/a dan sekurang-
     kurangnya telah 2 (dua) tahun dalam pangkat
5.  S1, atau DIV serendah-rendahnya berpangkat Pengatur Muda
     Tingkat I golongan ruang II/b dan sekurang-kurangnya telah
     2 (dua) tahun dalam pangkat
6.  Dokter, Apoteker, atau yang setara, serendah-rendahnya
     berpangkat Pengatur golongan ruang II/c dan sekurang-
     kurangnya telah 3 (tiga) tahun dalam pangkat
7.  Magister (S2) atau yang setara, serendah-rendahnya
     berpangkat Penata Muda golongan ruang III/a

B.  Persyaratan Berkas Kelengkapan
Berkas kelengkapan usulan izin belajar yang harus dipenuhi
antara lain :
1.  Surat pengajuan izin belajar dari kepala unit kerja.
2.  Fotokopi SK kenaikan pangkat terakhir.
3.  Fotokopi DP3 terakhir.
4.  Surat keterangan dari lembaga pendidikan yang menerangkan
     bahwa yang bersangkutan benar-benar siswa/mahasiswa dari
     lembaga pendidikan tersebut dan aktif belajar.
5.  Akreditasi Program Studi yang dipilih minimal B
6.  Jadwal sekolah/kuliah.
7.  Daftar riwayat hidup.
8.  Rekomendasi dari pimpinan unit kerja yang menegaskan :
          a. Keterkaitan antara pendidikan yang ditempuh dengan
              jabatan/tugas.
          b. Kegiatan dilaksanakan di luar jam kerja dan tidak
              menganggu pelaksanaan tugas.
          c. Jarak dan waktu tempat pendidikan dengan tempat
              tinggal/unit kerja dapat diterima dengan logika.
          d. Uraian tugas/jabatan yang dipangku.
9.   Pakta Integritas (track record) khusus S2
10. Kajian Studi (khusus S2)

C.  Ketentuan Lain
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah :
1.  Izin belajar harus diajukan sebelum ijazah keluar, konsekuensi
     dari keterlambatan pengajuan izin belajar adalah pengajuan
     tidak dapat kami proses.
2.  PNS yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
     dan tidak mengajukan izin belajar hingga selesai belajar/kuliah
     (lulus), ijazah yang diterima PNS tersebut secara administrasi
     kepegawaian tidak diakui dan tidak dapat dipergunakan untuk
     penyesuaian ijazah maupun pemakaian gelar.
3.  Bagi PNS eks Departemen/Badan/Instansi Vertikal yang
     mempunyai Surat Izin Belajar dengan tanda tangan Pejabat
     yang berwenang pada waktu itu (Kakandep/Kakanwil, dsb) dan
     tanggal pembuatannya sebelum diberlakukannya Otonomi
     Daerah, Surat Izin Belajar tersebut masih berlaku dan tidak
     perlu diperbaharui

                                     Download :SYARAT_IZIN_BELAJAR.docx     


2. Pengurusan Tugas Belajar

1.  BERKAS KELENGKAPAN PENGAJUAN TUGAS BELAJAR

Sebagaimana surat Gubernur Jawa Tengah Nomor : 893.3/3541 tanggal 20 Mei 2002 perihal Wewenang Pembuatan SK Tugas Belajar bagi PNS Pemerintah Kabupaten / Kota untuk semua jenjang pendidikan adalah Bupati / Walikota selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah.

Pemberian Tugas belajarmemperhatikan hal – hal sebagai berikut :
1. Akreditasi Lembaga Pendidikan yang ditunjuk
2. Jangka waktu tugas belajar berdasarkan ketentuan lama  pendidikan
3. Tugas belajar dilaksanakan secara berjenjang
4. Membebaskan PNS tugas belajar dari tugas pekerjaannya dan jabatannya
.
Untuk pengajuan penerbitan Surat Keputusan Tugas Belajar agar dijelaskan :
1. Waktu pendidikan (tanggal, bulan dan tahun penerimaan) dan waktu atau lama
    pendidikan
2. Sumber biaya pendidikan
3. Tempat pendidikan dan program yang akan ditempuh.

Disamping hal – hal tersebut harus dilampirkan :
1.   Fotocopy SK Pangkat terakhir
2.   DP 3 Tahun terakhir
3.   Surat dari lembaga pendidikan yang menyatakan PNS yang bersangkutan diterima

Sedangkan jangka waktu pengajuan Tugas Belajar kepada Bupati Semarang paling lambat 1 (satu) bulan dari penerimaan yang bersangkutan pada Lembaga Pendidikan sebagai PNS Tugas Belajar.

 

2.  BERKAS KELENGKAPAN PENGAJUAN PEMBERHENTIAN TUGAS BELAJAR DAN
     PENEMPATAN KEMBALI

1.   Fotocopy SK Pangkat terakhir
2.   Fotocopy ijasah terakhir dilegalisir
3.   Surat keterangan dari lembaga pendidikan yang menyatakan telah lulus
      pendidikan tugas belajar
4.   Fotocopy SK Tugas Belajar

     Download :SYARAT_TUGAS_BELAJAR.doc

 


3. Pengurusan Izin Pemakaian gelar

A.  Persyaratan Kepangkatan:
Izin pemakaian gelar diberikan jika PNS memenuhi syarat kepangkatan sebagai berikut :
1. Izin Pemakaian Gelar bagi PNS yang telah memperoleh
    ijazah S1 atau DIV dapat diberikan serendah-rendahnya
    setelah PNS yang bersangkutan berpangkat Penata Muda
    golongan ruang III/a.
2. Izin Pemakaian Gelar bagi PNS yang telah memperoleh ijazah
    Dokter, Apoteker, Magister (S2) atau ijazah lain yang setingkat
    dapat diberikan serendah-rendahnya setelah PNS yang
    bersangkutan berpangkat Penata Muda Tingkat I golongan
    ruang III/b.
3. Izin Pemakaian Gelar bagi PNS yang telah memperoleh ijazah
    Doktor (S3) dapat diberikan serendah-rendahnya setelah PNS
    yang bersangkutan berpangkat Penata golongan ruang III/c.

B. Persyaratan Berkas Kelengkapan
1. Surat pengajuan izin pemakaian gelar dari unit kerja
2. Fotokopi SK Pangkat terakhir
3. Fotokopi DP3 terakhir
4. Fotokopi Surat izin belajar
5. Fotokopi ijazah terakhir dilegalisir
6. Pakta Integritas (track record) Khusus untuk S2
7. Kajian Studi (khusus S2)


Download :SYARAT_IZIN_GELAR.docx


4. Pengurusan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (UKPPI)

                                  A. Syarat PNS mengikuti Ujian Kenaikan pangkat Penyesuaian Ijazah (UKPPI):

                                       1. Berstatus PNS dan diusulkan oleh Kepala OPD
                                       2. Memiliki Ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga yang terakreditasi
                                       3. Memiliki Ijin Belajar  atau Surat Keterangan Memiliki Ijazah bagi yang
                                           memiliki ijazah sebelum diangkat menjadi CPNS                           
                                       4. Menduduki jabatan atau diberi tugas yang memerlukan pengetahuan
                                           dan keahlian sesuai ijazah yang dimiliki.

                                   B. Persyaratan berkas:

                                       1. Fotokopi ijazah terakhir dilegalisir 
                                       2. Fotokopi Surat izin belajar

                                       3. Asli Surat Keterangan dari Lembaga Pendidikan bagi ijazah yang
                                           diperoleh sebelum diangkat menjadi  CPNS

                                       4. Fotokopi SK KP Terakhir, SK CPNS, SK PNS terlegalisir
                                       5. Mengisi biodata peserta ujian
                                       6. Pas foto hitam putih 3x4 PDH Kheki 4 lembar
                                       7. Surat Keterangan uraian tugas jabatan

 

 

FORUM TANYA JAWAB

Gading
PPPK tahap 2 bertanya
Untuk pengisian deskripsi pekerjaan (Nama Pekerjaan dan Unit Kerja) di laman sscasn di isi sesuai SK atau di isi sesuai jabatan yang dilamar nggih, mohon penjelasannya, terima kasih
Wednesday, 18 December 2024 13:26
Betha
PPPK TAHAP 2
Selamat siang Bapak/ Ibu saya Betha peserta PPPK Tahap 2 mohon ijin bertanya terkait dokumen dalam pendaftaran pppk di web sscasn. Pertanyaan pertama: Di lampiran pengumuman pendaftaran pppk terdapat lampiran "surat pengalaman bekerja 2 tahun" dan "surat keterangan aktif mengajar" sedangkan di kolom upload berkas di web sscasn hanya ada kolom upload untuk surat aktif mengaja...
Monday, 16 December 2024 12:09
Betha Kurnia
PPPK TAHAP 2
Assalamualaikum Bpk/Ibu ijin bertanya untuk pelamar pppk tahap 2 formasi guru terkait dokumen yang harus di upload di web sscasn. Ada dua hal yang ingin saya tanyakan: Pertanyaan pertama: Di lampiran pengumuman kab semarang ada berkas lampiran tentang" surat keterangan pengalaman kerja paling singkat dua tahun" dan ada " surat keterangan aktif mengajar". Sedangkan di web ssca...
Sunday, 15 December 2024 20:44

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Semarang

Alamat :Jl.HOS Cokroaminoto No.1 Ungaran-Telp:(024)6921127, Fax:(024)6921004, E-mail: bkpsdm@semarangkab.go.id